Kamis, 19 Januari 2012

Teknologi Informasi dalam BK



  1. AWAL KONSELING ONLINE
Konseling online diperkenalkan kebentuk terapi pada tahun 1997 oleh Grohol. Perkembangan dan peristiwa penting dalam penyikapan modalitas baru dalam memahami konseling online atau terapi. Hal ini membantu untuk memahami tiga bidang seperti computer-mediated communication, internet dan psikoterapi. Pada tahun 1990 orang-orang percaya bahwa terapi online sudah ada
ELIZA
Perangkat lunak yang dijuluki ELIZA oleh Massachasetts institute yang diciptakan oleh Joseph Weizenbaum yang pertama kali dijelaskan pada tahun 1996. Peran seorang psikoterapis Rogerian terlibat dalam sebuah wawancara awal dengan pasien (Waizenbaum 1976), ini adalah contoh baik yang pertama kali didokumentasikan saat manusia berinteraksi dengan komputer. ELIZA bukan contoh yang tradisional karena sebuah interaksi individu dengan ELIZA sebenarnya berkomunikasi dengan program komputer bukan dengan orang lain.sebagian besar pengguna ELIZA mengira mereka mengobrol dengan orang lain melalui layar komputer. Kanneth Colby Mark, seorang psikiater di Stanford University bekerja degan Weizenbaum pada ELIZA. Dan mereka percaya ELIZA memilki potensi lebih besar untuk psikoterapi dan proses konseling. Suatu hari ELIZA dapat menyebabkan perpecahan antara dua ilmuwan, weizenbaum tidak setuju dengan Colby pada sifat komputer psikoterapi, Weizenbaum percaya psikoterpi hanya bisa dilakukan dengan tatap muka (F2F) antara terapis dengan klien. April 1999 Colby pergi dan akhirnya menciptakan sebuah program yang disebut Parry. Parry simulasi klien dalam terapi yang dipamerkan prilaku paranold. Dimana ELIZA tidak memiliki model internal komunikasi yang bisa melacak aliran percakapan, pesta Rudimentarily bisa mengikuti percakapan sendiri.
Turing test adalah istilah teknis untuk prosedur yang dirancang oleh AM Turing untuk menentukan apakah responden itu adalah orang atau komputer. Dan menguji apakah komputer itu cerdas. Pada bulan oktober 1972 salah satu demonstrasi pertama dari internet adalah sesi psikoterapi simulasi antara komputer di Stanford danUCLA. Hal ini terjadi selama konferensi internasional tentang computer communication.;
BERBICARA PADA KOMPUTER
Pentingnya ELIZA dan Parry untuk konseling online terletak pada interaktif komunikasi antara manusia dan computer. Para peneliti menemukan bahwa individu tidak hanya bisa berkomunikasi dengan program komputer dan merasa seolah-olah mereka terlibat dalam percakapan, tetapi juga mereka melakukannya dengan mudah dan tanpa penguatan.
2. KEBANGKITAN DARI KELOMPOK DUKUNGAN ONLINE
Kelompok dukungan online memungkinkan individu untuk berbicara dengan orang lain yang menderita gangguan atau yang bermasalah. Sebuah kelompok dukungan online melayani banyak tujuan yang sama dan digunakan dalam banyak cara dalam dunia nyata seperti F2F. Kelompok dukungan awalnya mulai membentuk di internet ada dua jenis masalah ; penyakit langkah dan gangguan yang membawa stigma. Kelompok dukungan menawarkan individu yang aman, mudah untuk akses kelompok sosial dan mengurangi masalah yang terkait dengan gangguan stigma. Kelompok dukungan juga menawarkan manfaat penting yang sering diabaikan dan diberhentikan oleh professional.
  1. Buletin Board Sistem
Pada tahun 1970- an komputer pribadi muncul yang segera diikuti dengan penanganan BBSs pertama di dunia. Internet saat itu terbatas pada universitas-universitas. Biasanya individu yang memilki komputer belum bisa mengaksesnya.
  1. Newsgroup dan Forums Bunga khusus
Papan pesan disebut Newsgroup dan alam semesta dari newsgroup pada internet disebut sebagai usenet. Usenet newsgroup diorganisir oleh hirarki topical (sepeerti situs populer yahoo! Direktori). Dalam setiap newsgroup seseorang bisa memulai sebuah topik baru, karena topic masing-masing disimpan ke thread sendiri agar diskusi lebih mudah.
  1. Daftar Mailing
Beberapa individu meninggalkan Newsgroup dan beralih ke elektronik Mailing List (Mailing List disebut sebagai Listens istilah ini berasal dari perangkat lunak yang paling awal). Daftar Mailing telah ada sejak lama, setelah munculnya e-mail, daftar Mailing perangkat lunak menyediakan fungsi dan manajemen daftar.
  1. Pembukaan Untuk Konseling Online
Selain komunitas online yang disediakan oleh BBSs, internet Newsgroup, dan mailing List, layanan komersial seperti compuserve, prodigy, dan kemudian AOL dimulai pada tahun 1980. Kelompok minat khusus (atau SIG istilah yang dipopulerkan oleh compuserve forum) setiap salah satu dari layanan telah banyak dukungan kelompok online mulai dari depresi dan kecemasan. Untuk hubungan dan karier pada saat itu layanan tidak terhubung dengan internet sehingga sehingga setiap komunitas online seperti BBSs terus beroperasi pada layanan komersial. Dungeons multiuser (Mud dinamai fantasi multiplayer populer, Dungeons and Dragons) dan berorientasi pada objek multiuser.
3. AWAL DARI HARI KONSELING ONLINE
Awal hari konseling online ditandai dengan profesional untuk mencari kemajuan teknologi online dan menjangkau orang dari sebelumnya.
YANG GRATIS PERINTIS
Pada tahun 1986 paman Ezra dinamai Ezra Corenall, pendiri universitas (feist dan worona 1986). Dua lusin situs computer diseluruh kampus menyediakan akses gratis untuk siswa yang bertanya dan membaca tentang paman Ezra. Pada tahun 1991 John Grohol adalah seorang mahasiswa pascasarjana di bidang psikologi di Florida. Pada tahun 1995 Grohol melanjutkan pekerjaan ini di situsnya psych yang telah beroperasi terus menerus sejak saat itu juga Grohol menawarkan chatting kesehatan online mental pada webchat.Seorang psikiater dan psychopharmacologist klinis di New York City yang khusus pengobatan kasus, Ia sering membantu individu-individu yang sedang mengalami masalah dengan obat yang diresepkan untuk depresi khas atau gangguan bipolar, dengan mengubah dosis atau jenis obat.
  1. BIAYA UNTUK PELAYANAN DATANG DARI UMUR
Pada tahun 1990-an internet dibuka untuk penggunaan komersial dan realitas perdagangan. Dan awal 1994 media populer muncul untuk terapi online. David Sommers adalah seorang psikologi yang menawarkan konseling online. Leonard Holmes seorang psikologis menawarkan yang biasa disebut “konsultasi psikologis shareware” pada tahun 1995. Shareware adalah istilah untuk perangkat lunak yang seseorang dapat men-download dan mencoba secara gratis terapi ini, menerapkan istilah konsultasi psikologi Holmes mengharapkan klien untuk berkonsultasi. ED Needham seorang konselor tingkat master di Indiana, cyberpsych adalah layanan konseling di internet pada bulan agustus1995 .Dia menggunakan real-time chatting untuk melakukan konseling, layanan ini menggunakan suatu modalitas disebut internet Relay Chat (IRC) Ia dikenakan biaya $ 15 1jam. Needham bekerja lebih dari 40 klien dan Ia menutup layanan ini tahun 1998. Sanbary adalah seorang psikologi tang berlisensi dan mulai berlatih online pada tahun 1997. Mengatasi depresi adalah sebuah program perangkat lunak yang dikembangkan pada tahun 1991 oleh Malibu Artificial Intelligence dimulai oleh psikiater Kennet Colby (yang juga dikembangkan Parry) dan putranya Petrus Colby. Tahun 1980 seorang psikiater bernama Roger Gould mengembankan program yang disebut program belajar terapi berdasarkan penelitian.
  1. Menuju ke Mainsteam
Dunia konseling mengalami pertumbuhanyang seguifikasi pada pertengahan 1990. Martha Ainsworth (2002) telah membantu munculnya pertumbuhan bidang dalam konseling.
  1. Perkembangan layanan umum
Pada bagian ini saya akan menyoroti beberapa kegagalan bisnis dan kisah sukses dari online.
  • Banyak bisnis model, beberapa itu gagal
Dikatakan bahwa jalan menuju neraka dipenuhi dengan niat baik, jika itu benar maka internet dipenuhi dengan dat-com. Istilah dot-com mengacu pada pusat perusahaan yang pusat bisnis online.
3 . kebutuhan untuk panduan
Asosiasi konseling Amerika memahami kebutuhan memberikan panduan bagi konselor. Pada oktober 1999 asosiasi menerbitkan standar etika untuk konseling online. Pada tahun 1997 dikonvensi tahunan American Psychological Association di Cicago. Pada tahun 1999 masyarakat bekerja sam,a dengan masyarakat Psikiatri Informatika untuk menciptakan prinsip penyediaan online mental.
  1. KONSELING ONLINE HARI INI
Konseling online sebuah perspektif historis pada tahun 1999 dan 2000 sebelum kehancuran dot-com jaringan televisi seperti CNN dan ABC memberikan terapi secara online. Newsweek dan USA mengutip satu demi satu pakar menyatakan manfaatnya. Beberapa asosiasi profesi, seperti Asosiasi konseling Amerika dan dewan Nasional untuk konselor bersertifikat, segera memahami manfaat terapi online.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar