Kamis, 19 Januari 2012

10 Strategi untuk Membentuk Kelompok


Kecil-kelompok kerja merupakan bagian penting dari pelatihan aktif. Hal ini penting untuk membentuk kelompok dengan cepat
dan efisien dan, pada saat yang sama, untuk memvariasikan komposisi dan kadang-kadang ukuran
kelompok di seluruh sesi. Opsi berikut ini alternatif menarik untuk membiarkan
peserta memilih kelompok mereka sendiri atau menghitung hingga angka yang ditunjuk.

1.Pengelompokan Kartu

Tentukan berapa banyak peserta akan menghadiri sesi dan bagaimana mungkin kelompok yang berbeda yang Anda inginkan
seluruh sesi. Misalnya: di kelas dua puluh, satu kegiatan mungkin panggilan untuk empat kelompok lima; lain,
lima kelompok dari empat; masih lain, enam kelompok dari tiga dengan dua pengamat.
Kode kelompok-kelompok ini menggunakan sebuah titik berwarna (merah, biru, hijau, dan kuning untuk empat kelompok), stiker dekoratif
(Stiker yang berbeda dalam tema umum untuk lima kelompok, seperti singa, monyet, harimau, jerapah, dan gajah), dan
angka (1 sampai 6 untuk enam kelompok).
Secara acak menempatkan sejumlah, titik berwarna, dan stiker pada kartu untuk setiap
peserta dan termasuk kartu dalam materi peserta.
Ketika Anda siap untuk membentuk kelompok Anda, mengidentifikasi
yang kode yang Anda gunakan dan mengarahkan peserta untuk bergabung dengan grup mereka di tempat yang ditunjuk.
Peserta akan
mampu bergerak cepat untuk kelompok mereka, menghemat waktu dan menghilangkan kebingungan. Anda mungkin ingin posting tanda-tanda yang menunjukkan
pertemuan kelompok daerah untuk membuat proses bahkan lebih efisien.


2. Puzzle

Pembelian enam potong teki teka-teki anak-anak atau membuat sendiri dengan memotong gambar
dari majalah, menyisipkan mereka di kardus, dan memotong mereka ke dalam bentuk yang Anda inginkan,
ukuran, dan jumlah potongan. Pilih jumlah teka-teki sesuai dengan jumlah
grup yang ingin Anda ciptakan. Pisahkan teka-teki, mencampur potongan-potongan, dan saling memberi
peserta sepotong puzzle.
Ketika Anda siap untuk membentuk peserta ke dalam kelompok,
menginstruksikan para peserta untuk menemukan orang lain dengan potongan untuk menyelesaikan teka-teki.

3. Mencari Teman fiksi Terkenal dan Keluarga

Buat daftar anggota keluarga yang terkenal fiksi atau teman-teman dalam kelompok tiga atau empat. (Contohnya adalah Peter Pan,
Tinkerbell, Kapten Hook, Wendy, Alice, Cheshire Cat, Queen of Hearts, Mad Hatter, Superman, Lois Lane, Jimmy
Olsen, Clark Kent.) Pilih jumlah yang sama karakter fiksi karena ada peserta. Menulis fiksi satu
nama pada setiap kartu indeks.
Ketika Anda siap untuk membentuk kelompok, mintalah para peserta untuk mencari anggota lain dari
mereka "keluarga." Setelah kelompok yang terkenal selesai, mereka harus menemukan tempat untuk berkumpul.

4. Nama Tags
Gunakan tag nama berbagai bentuk dan / atau warna untuk menunjuk kelompok yang berbeda.


5. Ulang tahun



Minta peserta untuk berbaris dengan ulang tahun dan kemudian masuk ke jumlah yang diperlukan untuk subkelompok tertentu
kegiatan. Dalam kelompok besar, membentuk sub-sub kelompok dengan bulan kelahiran. Sebagai contoh, 150 peserta dapat dibagi menjadi tiga
kira-kira sama-ukuran kelompok oleh kelompok menyusun dari mereka yang lahir di bulan Januari, Februari, Maret, dan April, Mei, Juni,
Juli, dan Agustus, dan September, Oktober, November, dan Desember.
6. Bermain Kartu

Gunakan setumpuk dari kartu remi untuk menunjuk kelompok. Misalnya, gunakan jack, ratu, raja,
dan ace untuk membuat empat kelompok empat. Gunakan kartu nomor tambahan, jika perlu, untuk
mengakomodasi kelompok yang lebih besar. Mengocok kartu dan menangani satu untuk setiap peserta, kemudian
mengarahkan peserta untuk menemukan orang lain dengan kartu yang sama dan untuk membentuk kelompok.
7. Menggambar Nomor

Tentukan jumlah dan ukuran kelompok Anda ingin membuat, menempatkan angka pada slip kertas individu, dan
menempatkan mereka dalam sebuah kotak. Peserta kemudian mengambil nomor dari kotak yang menunjukkan nomor kelompok mereka milik.
Sebagai contoh, jika Anda ingin empat kelompok empat, Anda akan memiliki enam belas slip kertas dengan empat masing-masing nomor
4 1 melalui.
8. Permen Favors

Berikan setiap peserta permen tanpa gula dibungkus rasa yang berbeda untuk menunjukkan kelompok.
Sebagai contoh, kelompok Anda dapat dikategorikan sebagai lemon, butterscotch, ceri, dan mint.

9. Pilih Seperti Item

Pilih mainan dari tema umum untuk menunjukkan kelompok. Sebagai contoh, Anda dapat memilih transportasi dan menggunakan mobil,
pesawat terbang, perahu, dan kereta api. Setiap peserta akan menarik mainan dari kotak dan menemukan orang lain dengan mainan yang sama untuk
membentuk sebuah kelompok.
10. Peserta Bahan

Anda dapat kode bahan peserta menggunakan klip kertas berwarna, handout berwarna, atau stiker pada folder atau kartu tenda
untuk pengelompokan mentakdirkan.
Ada beberapa hal pokok yang perlu diperhatikan dalam upaya pembentukan kelompok/tim, yaitu :

1. Keandalan individu (individual accountability).
2. lnteraksi langsung (face-to-face interaction).
3. Ketrampilan kerjasama (collaborative skills).
4. Proses kelompok (group processing).
Keandalan individu (individual accountability)

Keandalan individu dapat dilihat dari penampilan/performance seseorang. Dalam upaya pembentukan tim hal ini sangat penting guna mengetahui:kemampuan masing-masing anggota, sehingga dapat diidentifikasi yang mana perlu peningkatan.sejauh mana kontribusi yang telah diberikan oleh seseorang pada�� kelompok, apakah kontribusi tersebut sudah sesuai dengan tanggung jawab yang diberikan padanya. Pengenalan terhadap kemampuan dan kontribusi anggota kelompok ini sangat penting karena :memungkinkan setiap orang dalam kelompok mengetahui kontribusi masing-masing dalam kelompok.��memungkinkan saling tolong menolong dalam menyelesaikan tugas-tugas kelompok.��dapat lebih memperjelas fungsi dan tanggung jawab masing-masing anggota kelompok.��
Walaupun kerja kelompok/tim ini sangat diperlukan dalam rangka pencapaian tujuan atau keberhasilan, namun bila tidak dikendalikan secara benar akan menimbulkan suatu kondisi sebaliknya. Keadaan ini disebut dengan “social loafing”, yaitu suatu keadaan dimana kualitas kerja tim lebih rendah bila dibandingkan dengan kerja individu, sehingga hasil yang diperoleh tidak sesuai dengan yang diharapkan. Kondisi yang dapat menimbulkan keadaan ini antara lain karena kurang jelasnya identifikasi kontribusi dari setiap orang, kurangnya keterikatan/kohesi diantara anggota kelompok, kurangnya tanggung jawab terhadap hasil akhir dari tugas yang diberikan. Apabila semua faktor-faktor ini cukup jelas dimana semua orang mengerti akan tugas masing-masing, menyadari akan tanggung jawab masing-masing terhadap hasil akhir serta adanya keterikatan kelompok yang cukup erat maka kemungkinan terjadinya keadaan social loafing dapat dihindari, setidak-tidaknya dikurangi.
lnteraksi langsung (face-to-face interaction)

lnteraksi secara langsung merupakan salah satu faktor yang mempunyai pengaruh besar dalam mengupayakan pengembangan kelompok/tim yang efektif. Dengan adanya interaksi langsung atau face-to-face interaction ini maka iklim kerja akan menjadi lebih baik dan sebagai dampaknya akan meningkatkan produktifitas, moral an efektifitas kerja kelompok karena komunikasi antar kelompok lebih terbuka. Agar interaksi langsung ini dapat terwujud maka dianjurkan jumlah anggota dalam kelompok tidak terlalu besar.

Ketrampilan kerjasama (collaborative skills)

Kelompok tidak akan mungkin dapat berfungsi secara efektif tanpa mempunyai ketrampilan untuk bekerja sama. Ketrampilan kerjasama ini perlu dimiliki oleh anggota kelompok. Mengapa? Karena banyak orang tidak menyadari bahwa sebenarnya dalam melaksanakan tugasnya, individu tersebut merupakan bagian dari kelompok/tim. Berbagai studi mengenai pentingnya kerjasama dalam kelompok menunjukkan bahwa dengan mengumpulkan orang yang tidak mempunyai ketrampilan untuk bekerja sama walaupun mereka ini mungkin cukup ahli dalam bidangnya ternyata dalam menyelesaikan tugas kelompoknya banyak menemui kesulitan.

Proses kelompok (group processing)

Proses kelompok juga merupakan hal yang penting diketahui dalam usaha pencapaian hasil kerja kelompok yang optimal. Ada beberapa keuntungan yang diperoleh dengan mempelajari proses-proses yang terjadi dalam kelompok, antara lain dapat diketahui sudah sejauh mana kelompok ini berfungsi, alternatif-alternatif strategi yang dapat diambil dalam upaya perbaikan kerja kelompok.
*dikutip dari berbagai sumber

Pembentukan Kelompok

Pembentukan kelompok diawali dengan adanya perasaan atau persepsi yang sama dalam memenuhi kebutuhan.[1] Setelah itu akan timbul motivasi untuk memenuhinya, sehingga ditentukanlah tujuan yang sama dan akhirnya interaksi yang terjadi akan membentuk sebuah kelompok[5].
Pembentukan kelompok dilakukan dengan menentukan kedudukan masing-masing anggota (siapa yang menjadi ketua atau anggota).[1] Interaksi yang terjadi suatu saat akan memunculkan perbedaan antara individu satu dengan lainnya sehingga timbul perpecahan (konflik) [6] Perpecahan yang terjadi bisanya bersifat sementara karena kesadaran arti pentingnya kelompok tersebut, sehingga anggota kelompok berusaha menyesuaikan diri demi kepentingan bersama. Akhirnya setelah terjadi penyesuaian, perubahan dalam kelompok mudah terjadi.
Langkah proses pembentukan Tim diawali dengan pembentukan kelompok, dalam proses selanjutnya didasarkan adanya hal-hal berikut[7] :
Pembagian kelompok didasarkan pada tingkat kemampuan intelegensi yang dilihat dari pencapaian akademis.[1] Misalnya terdapat satu atau lebih punya kemampuan intelektual, atau yang lain memiliki kemampuan bahasa yang lebih baik.[1] Dengan demikian diharapkan anggota yang memiliki kelebihan tertentu bisa menginduksi anggota lainnya.[1]
Pembagian kekuatan yang berimbang akan memotivasi anggota kelompok untuk berkompetisi secara sehat dalam mencapai tujuan kelompok.[1] Perbedaan kemampuan yang ada pada setiap kelompok juga akan memicu kompetisi internal secara sehat.[1] Dengan demikian dapat memicu anggota lain melalui transfer ilmu pengetahuan agar bisa memotivasi diri untuk maju.[1]
Terbentuknya kelompok karena memiliki tujuan untuk dapat menyelesaikan tugas-tugas kelompok atau individu.[1]
Pengorganisasian dilakukan untuk mempermudah koordinasi dan proses kegiatan kelompok. Dengan demikian masalah kelompok dapat diselesaikan secara lebih efisien dan efektif.[1]
Kebebasan merupakan hal penting dalam dinamika kelompok.[1] Kebebasan disini merupakan kebebasan setiap anggota untuk menyampaikan ide, pendapat, serta ekspresi selama kegiatan.[1] Namun demikian kebebasan tetap berada dalam tata aturan yang disepakati kelompok.[1]
Interaksi merupakan syarat utama dalam dinamika kelompok, karena dengan interaksi akan ada proses transfer ilmu dapat berjalan secara horizontal yang didasarkan atas kebutuhan akan informasi tentang pengetahuan tersebut.[1]

Keunggulan dan Kelemahan dalam Kelompok

Dalam proses dinamika kelompok terdapat faktor yang menghambat maupun memperlancar proses tersebut yang dapat berupa kelebihan maupun kekurangan dalam kelompok tersebut[9].
1. Kelebihan Kelompok
  • Keterbukaan antar anggota kelompok untuk memberi dan menerima informasi & pendapat anggota yang lain.[2]
  • Kemauan anggota kelompok untuk mendahulukan kepentingan kelompoknya dengan menekan kepentingan pribadi demi
  • Kemampuan secara emosional dalam mengungkapkan kaidah dan telah disepakati kelompok.[2]
2. Kekurangan Kelompok Kelemahan pada kelompok bisa disebabkan karena waktu penugasan, tempat atau jarak anggota kelompok yang berjauhan yang dapat memengaruhi kualitas dan kuantitas pertemuan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar